Jembatan Top di Dunia "Tertinggi, Terpanjang, Terunik"

DiCopas oleh RIZAL HIDAYAT on Sabtu, 18 Juni 2011

Akhirnya bisa posting lagi, yap hari ini hari Sabtu saat nya untuk posting. Postingan kali ini tentang  Jembatan Top di Dunia  "Tertinggi, Terpanjang, Terunik".  Sumber tulisan kali ini diambil dari Majalah XY-Kids!. Cekdisout!


Ada ribuan jembatan hebat di seluruh dunia, tapi Cuma sedikit yang terkenal.
Bulan Juli 2009, jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura secara resmi dibuka. Jembatan ini terpanjang di Indonesia. Tapi Suramadu masih kalah hebat dibanding beberapa jembatan top di dunia. Ini beberapa yang sangat terkenal. •KarSar

Millau Bridge [Perancis] 


http://www.breakdowncover.org/wp-content/uploads/2010/04/Millau-Viaduct1.jpg
 Terkenal karena tingginya yang mencapai 343 meter. Terletak dibagian selatan Perncis, Millau Bridge mulai dibuka tahun 2004. Dibutuhkan waktu 3 tahun untuk mendirikan jembatan yang menghubungkan lembah dan bukit ini.

Golden Gate [Amerika Serikat] 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZoJ0nr2iCTkzVI2AKbMkml_V-clcFG_6x46rANzkSinne783sL59NHAFUdqZFlncwPfCHc1i2ZRlLwbf02USCv0eRE4o-hvRvxdV3dzV57hzg_8oAOR5FpPybR_IzvQotgYUMiD2rxqs/s1600/golden_gate.jpg
Paling sering kita lihat di film-film. Jembatan ini terletak di San Fransisco, dibangun tahun 1937. Jembatan ini menghubungkan semenajung San Fransisco dengan semenanjung Marin.

Tower Bridge of London [Inggris]
http://www.london-architecture.info/043-DigitalTowerBridge.jpg
Jembatan ini sangat terkenal karena sudah tua dan bergaya tempo dulu atau istilahnya bergaya victoria. Didirikan tahun 1894, pengerjaan memakan waktu selama 8 tahun dan melintasi Sungai Thames di London. Tingginya mencapai 60 meter dan panjangnya sekitar 244 meter.


Hangzhou Bay Bridge [China]
http://www.rpmgo.com/images/2010/7Hangzhou_Bay_Bridge.jpg
Terkenal karena satu-satunya jembatan yang melewati lautan luas. Jembatan yang panjangnya mencapai 35,6 kilometer ini dibuka pada 1 Mei 2008. Jembatan ini menghubungkan Ningbo ke Jiaxing dan mampu memperpendek waktu perjalanan dari Shanghai ke Ningbo dari empat jam menjadi dua jam.

Banpo Bridge [Korea]
http://yacob31.files.wordpress.com/2010/06/banpo-bridge.jpg
 Jembatan ini sebenarnya biasa, tapi yang bikin jadi luar biasa dan sangat terkenal adalah air mancur yang mengalir dari sisi jembatan itu. Sebanyak 10 ribu semprotan air mancur mengalir dari jembatan ini dan menghabiskan 190 ton air per menit. Jembatan ini melintasi Sungai Han dan menghubungkan Seocho-gu dan Yungsan-gu di Seoul selatan.

Magdeburg Water Bridge [Jerman]
http://woondu.com/images/architecture/great-magdeburg-water-bridge/water-bridge.jpg
Jembatan yang menghubungkan negara bekas Jerman timur dengan Jerman Barat melalui Elbe River. Jembatan sepanjang 1 km ini dibangun sebagai proyek penggabungan Jerman Barat dan Timur. Yang menarik, ini adalah jembatan air yang diatasnya bisa dilalui oleh kapal berpenumpang. Di sisi jembatan bisa dilewati oleh pejalan kaki.

Suramadu Terpanjang di Indonesia
http://galunggung99.files.wordpress.com/2009/04/suramadu1.jpg
Indonesia boleh bangga karena punya Suramadu. Ini jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dengan Pualu Madura (Bangkalan). Jembatan dengan panjang 5,438 km ini mulai dibangun tahun Agustus 2003 dan dibuka pada Juni 2009. Suramadu bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat. Lebarnya 30 meter, tingginya 146 meter.

Sumber: Majalah XY-Kids! Edisi 26/16-29 Juli 2009 “Rubrik IPTEK. Halaman 08-09” SHARE TWEET

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar