Asal Usul Pensil

DiCopas oleh RIZAL HIDAYAT on Selasa, 14 Juni 2011

Postingan kali ini masih lanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul asal usul pena.  Kali ini tentang asal usul pensil Cekdisout! 
Selain bulpen dan pena, alat tulis lain yang kita kenal adalah pensil. Alat tulis yang satu ini mulai dikenal sejak ditemukannya batu granit di tambang Cumberland, Inggris pada abad XVI. Sewaktu batu itu mereka coretkan ternyata bisa membentuk tulisan atau gambar. Mereka pun berpikir untuk memanfaatkannya sebagai alat tulis. Awalnya, batu grafitnya hanya diliit tali lalu di gunakan untuk menulis.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkKXkhILi5ergHhanuxGB09udzbYm4s48jWNPMkVcvAUpVT5fq1wvqhYv__fDli4BXitjGgwApgsu59ADOshbYCmnuCcSOdl2dXjzIGBo2ck7656o_JHTpI4Vh9FD2uqvpHsoQhhO7pMIk/s1600/PENSIL.jpg 
Pada pertengahan abad XVI, Kontad Von Gesner seorang Swiss-Jerman, menggunakan granit yang di balut kayu untuk menggambar. Sayangnya, grafitnya gampang patah. Baru 2 abad kemudian,  pada tahun 1795, seorang Prancis yang bernama Nicholas Jasques Conte mencampurkan grafit dengan tanah liat. Benda ini kemudian dipres seperti lidi dan dibakar. Hasilnya ia selipkan ke tabung kayu. Mengagumkan! Itulah pensil seperti yang kita kenal sekarang. Sekarang, selain pensil hitam ada juga pensi berwarna-warni yang banyak dipakai untuk menggambar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYG6JbtkLM77t-eh8J_D-TDuRSybIOoN_ubH4s_PheLELEwzGRntJh23AsUuHO1snHx4WOvSPIFl25uqVhyApgQq3y8OuYBey5cn_dksklYsdhGI_6dPCHTpk5numlfmaEM7bQOt39PC8T/s320/Colored_Pencil.jpg 

SUMBER:  Buku INTISARI "SERI BACAAN ANAK-ANAK" ASAL USUL
SHARE TWEET

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar