Cirebon Ber-Intan

DiCopas oleh RIZAL HIDAYAT on Sabtu, 18 Juni 2011


Quantcast






Ini bukan Bohongan, tapi ini adalah Fakta. Slogan Cirebon adalah Cirebon Kota Ber-Intan artinya Bersih, Indah, Tertib, Aman. Selain itu Cirebon juga terkenal dengan sebutan Cirebon Kota Udang.  Nama Cirebon sendiri berasal dari dua kata yakni “Ci” yang berarti Air dan “Rebon” yang berarti udang. Ulang Tahun kota Cirebon adalah setiap 1 Muharram yang artinya tahun ini Cirebon sudah berumur 641  tahun. Cirebon berada di Wilayah Ciayumajakuning atau singkatannya Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka. Sebagai tujuan wisata di Jawa Barat wisata Cirebon tidak kalah dengan wisata Bandung,  Tasikmalaya, Bogor, ataupun kota – kota lainnya di Jawa Barat. Kota Cirebon menawarkan banyak pesona mulai dari wisata sejarah kejayaan kerajaan Islam, wisata kuliner, wisata batik, wisata sejarah wali, wisata kota lama Cirebon,wisata bangunan gereja peningalan belanda, wisata mesjid, wisata belanja, tour keliling Kota Cirebon dan sentra kerajinan rotan.

Kraton di Cirebon
ada 3 Keraton yang berada di Cirebon yakni Keraton Kesepuhan, Kraton Kanoman dan Kraton Kecirebonan. Cirebon sejak dulu adalah pusat penyebaran agama Islam yang disiarkan oleh Sunan Gunung Jati. Sehingga di Cirebon banyak bangunan bersejarah seperti Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kesepuhan, Masjid Merah, Kelenteng Kuno  dan kompleks Makam Sunan Gunung Jati. Setiap Peringatan Maulid Nabi, di sekitar wilayah Keraton terdapat pasar malam yang dikenal dengan muludan, banyak dijual Makanan Khas Cirebon seperti Tahu Petis dan Martabak manis atau Telor. Tahu Petis yang paling Enak Tentunya adalah Tahu Petis Lestari. Rasa Petis yang sudah dibumbuinya sangat terasa apalagi apabila dimakan dengan tahu yang masih angetan (sudah mulai sedikit dingin). Wajib Coba kalau berkunjung ke Cirebon. Seni Tari 

Topeng
Tari Topeng adalah tari khas yang berasal dari Cirebon. Sudah lama tari Topeng Cirebon mengundang tanda tanya akibat daya pesonanya yang tinggi, tidak saja di Indonesia tetapi juga di luar negeri Tari Topeng memiliki beberapa jenis yakni :
  1. Panji, wajahnya yang putih bersih melambangkan kesucian bayi yang baru lahir
  2. Samba (Pamindo), topeng anak-anak yang berwajah ceria, lucu, dan lincah
  3. Rumyang, wajahnya menggambarkan seorang remaja
  4. Patih (Tumenggung), topeng ini menggambarkan orang dewasa yang berwajah tegas, berkepribadian, serta bertanggung jawab
  5. Kelana (Rahwana), topeng yang menggambarkan seseorang yang sedang marah
Gerakan dari Topeng-Topeng tersebut tentulah berbeda yang menggambarkan berbagai macam emosi manusia. Seniman Topeng Cirebon adalah Mimi Rasinah (80) Beliau sudah membawa tarian topeng ke berbagai belahan bumi. Selain Tari Topeng, di Cirebon juga terkenal dengan seni musik Tarling. Senimannya adalah H. Abdul Adjib. Lagu cirebonan yang terkenal adalah warung Pojok (tentu pernah mendengar kan? )  

Makanan Khas Cirebon adalah surganya makanan Enak, ada :


  1.  Sega Jamblang (Nasi yang dibungkus dengan daun Jati dan lauknya bisa memilih ada Hati, Paru, Sambal Ati (Wajib), Tahu dan etc yang enak-enak), Yang Terkenal adalah Nasi Jamblang Mang Dul di Di Gunung Sari atau Nasi Jamblang di Lido Cipto. Harga Satu porsi lengkap antara 10 ribuan- 20 ribuan.
  2. Empal Gentong (bukan daging empal yang seperti di Jakarta tapi Empal Gentong adalah satu piring kuah empal yang dimasak di gentong dan dimasak diatas kayu bakar. Yang Terkenal adalah Empal Gentong Mang Dharma di Stasiun Kereta APi Parujakan. Harga satu porsinya kisaran 10 ribuan.
  3. Selain itu juga wajib coba empal asem yang di jalan Panembahan- dekat Plered Cirebon.
  4. Sega Lengko dan Sate Kambing Muda di Jln. Pagongan
  5. Docang- di Plered
  6. Tahu gejrot - Di Stasiun Kejaksan
  7. Mie Koclok – Di Jln. Ampera
  8. Bubur Sop Cirebon – Di Jln. Ampera
  9. Krupuk Mlarat (non Kolesterol karena gorengnya pakai pasir), Kerupuk Kebo, Rengginang dan emping Mlinjo) Bisa beli di Sinta Manisan atau di Pusat Oleh-Oleh di Pasar Pagi.
  10. Sirop Tjampolay – Bisa beli di Sinta Manisan atau di Pusat Oleh-Oleh di Pasar Pagi.
  11. Terasi Udang – Bisa beli di Sinta Manisan atau di Pusat Oleh-Oleh di Pasar Pagi.
  12. Seafood Pak Moel – Berbagai macam seafood di Jln. Sukalila atau Cipto.
  13. Tape Ember Kuningan  – Bisa beli di Sinta Manisan atau di Pusat Oleh-Oleh di Pasar Pagi.
  14. Cafe Kalapa Manis di Gronggong Ciperna – daerah lembangnya Cirebon.
Tempat Wisata di Cirebon Banyak tempat wisata di Cirebon, dari wisata laut, wisata ke gunung sampai ke Wisata Rohani yang berada di wilayah Cirebon dan Kuningan seperti :
  1. Kraton Kesepuhan dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa (setiap sholat jum’at yang adzan 7 orang loh), dekat Kraton Kasepuhan
  2. Kraton Kanoman, Jl.Lemah Wungkuk
  3. Puri/Kraton Kacirebonan, Jl.Pulasaren
  4. Komplek Pemakaman Gunung Jati di Gunung Sembung, 15 km barat kota
  5. Masjid Agung Cirebon, di Jalan Siliwangi
  6. Sangkan Hurip – Tempat Pemandian Air Panas ke arah kuningan.
  7.  Tempat Perjanjian Linggarjati & Tempat wisata linggarjati 10 km ke arah kuningan.
  8. Gua Sunyaragi, Jl.By Pass, Sunyaragi
  9. Shop Houses/Ruko dengan Konsep Tematik di Area CSB
  10. Gedung BI Cirebon – di deket pelabuhan.
  11. Stasiun KA Kejaksan – di Jalan Siliwangi
  12. Taman Ade Irma Suryani. – di deket Pelabuhan
  13. Pelabuhan Cirebon
  14. Telaga Remis – Waduk Alami 10 km ke arah rajagaluh.
  15. Pusat Perbalanjaan Grage
  16. Pusat Kerajinan Batik Trusmi – dari Grage bisa naik GP ke arah Plered kemudian naik beca ke sentra batik trusmi.
  17. Pusat Kerajinan Rotan Tegalwangi – 5 km dekat trusmi.
Batik Cirebon
Sentra Batik Cirebon berada di Desa Trusmi Plered Cirebon yang jaraknya 10 km dari pusat kota Cirebon. Kebanyakan orang lebih banyak mengetahui Motif Mega Mendung adalah Motif Khas Cirebon. Namun sebenarnya banyak motif khas Cirebon yakni motif Keratonan, Motif GangGengan dan motif Singapayung, yang tentunya tidak kalah etnik dengan berbagai macam motif batik yang ada. Harga yang ditawarkan bervariatif dari yang murah sampai jutaan rupiah tergantung dari motif dan kualitas bahan kain yang dijual apakah cap atau tulis.

Toko yang banyak menjual batik adalah Toko batik Nova, Batik IBR, Batik EB, Batik An-Nur, Batik Asofa, Batik Hafiyan, Batik Lia. untuk kesana dapat menggunakan angkot GP (Gunung Sari -Plered) tarif Rp. 2.000.-Rp. 3.000.-, turun di perempatan plered. kemudian naik becak ke lokasi toko batik.  

Akomodasi Sarana transportasi Umum
Cirebon berjarak +- 260 km dari Jakarta berada di perbatasan antara jawa Tengah dan Jawa Barat. Dapat ditempuh dengan kereta argo Jati (Rp. 110.000 kelas eksekutif) dan Cirebon Ekspress (Rp. 90.000 kelas eksekutif dan Rp.70,000 kelas bisnis). Apabila ke Cirebon dengan menggunakan kereta sebaiknya memesan beberapa hari sebelumnya, karena Tiket kereta Cirebon sering sold-out karena banyaknya Pekerja yang PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad).  Apabila ditempuh dengan mobil dapat ditempuh kira-kira dalam jangka waktu 4-5 jam, dan 3 jam perjalanan dari bandung. Untuk sarana transportasi lokal dicirebon tidak banyak taxi yang bersliweran seperti di Jakarta, dapat digunakan angkot dengan tarif Rp 2.000- 3.000 tergantung Jarak Tempuh. di Cirebon bisa juga menyewa mobil. tarif sewa mobil avanza atau innova tarifnya antara 150 rb (1/2 hari) s.d 300 rb (full day). kemaren saya pernah menyewa ke Endry (0231 9118090).

Hotel-dan Penginapan Murah
Di Cirebon terdapat beberapa hotel berbintang yakni hotel Santika, Hotel Grage Cirebon, Hotel Apita dengan tarif Rp.600.000- Rp 850.000 per malamnya. Selain itu juga ada hostel-hostel murah seperti Hotel Sidodadi dan Hotel Pinus yang rate-nya antara Rp. 100.000- Rp. 200.000 Walaupun udara di Cirebon panas, tapi kamu akan mendapatkan experience ketika datang ke Cirebon.

So… Ayo… Visit Cirebon ^.^ Kota Ber-INTAN… berikut ya peta wisata cirebon, Semoga membantu…

 


Jujur mengCoPas artikel ini ternyata susahnya minta ampun.. TwoThumb buat yang udah nulis..
Silahkan berkunjung ke blog asli yang memiliki postingan ini http://intanhertikasari.wordpress.com/2011/03/29/cirebon-ber-intan/ SHARE TWEET

{ 3 komentar... read them below or add one }

Eel Pecidasase mengatakan...

sebagai saran aja neh sob.. Usahakan Blog kita isinya jangan copas semua donk..kuatirnya nanti lama2 di anggap spam oleh google... kalo kena spam, otomatis blog kita sudah tidak bisa di akses lagi.... tetap semangat aja deh ya sob :)

Unknown mengatakan...

Sungguh kawan,Cirebon memang pantas menyandang predikat BERINTAN,namun sayang kejadian bom kemarin sempat mencoreng predikat ini.Semoga Cirebon tetap aman dan tertib!
Kumaha atuh damang agan teh? Hidup cirebon!

RIZAL HIDAYAT mengatakan...

@all: maaf baru bisa komentar.. (baru bisa ke wrnet hari ini :sabtu:)

@eel: masukannya saya tampung sob, saya usahakan blog ini isinya gak 100% CoPas... :)

@Er'end: iya sob, kejadian kemarin pun saya kaget, Cirebon yang biasanya aman-aman saja, tiba2 ada kasus seperti itu dan Cirebon jadi sorotan.. mudah2an kedepannya gak ada lagi aksi-aksi seperti kemaren.. dan umat Islam pun tidak salah mengartikan arti Jihad dengan bom..

Posting Komentar